Agus Pambagyo: “Aneh Benget Susunan Direksi Baru Garuda!”

676

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pada Rabu sore ini (12 April 2017)    menggelar Rapat Umum Pemegang Saham dengan salah satu agenda pergantian direksi di Kantor Pusat Garuda Indonesia, kawasan Bandar Udara Soekarno-Hatta. Sebagaimana banyak dilansir oleh media, Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar membenarkan pergantian direksi tersebut.

“Agendanya ada pergantian direksi tapi belum tahu siapa. Sampai sekarang Direktur Utama masih membacakan laporan keuangan,” kata Benny di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Cengkareng, Tangerang, seperti dikutip dari Antara, Rabu 12 April 2017.

Benny mengatakan RUPS yang seharusnya dimulai sejak pukul 14.00 WIB tersebut harus ditunda hingga sekitar pukul 16.30 karena menunggu kedatangan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Deputi BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Gatot Trihargo.

Jabatan Dirut Garuda saat ini dipegang oleh Arif Wibowo. Arif telah menjabat sebagai Dirut perusahaan maskapai penerbangan nasional tersebut sejak 12 Desember 2014 menggantikan Emirsyah Satar yang mengundurkan diri pada 8 Desember 2014.

Malam ini tampaknya telah diumumkan susunan Direksi Garuda yang baru.  Pengganti Arif adalah orang yang saat ini menjabat Direktur Keuangan PT Bank Mandiri (Persero) yakni Pahala N Mansury. Namun, begitu susunan direksi ini keluar, Agus Pambagyo, pengamat kebijakan publik, menilai ada yang janggal.

“Aneh banget susunan Direksi Garuda yang baru. Tidak  ada Direktur Operasi. Lalu siapa yg bertanggungjawab terhadap operasi dan safety ? Masak Direktur  Produksi?” tulis AGus dalam akun FB-nya.

“Meman GA memproduksi sesuatu ? Ngawur banget ini Kementerian BUMN. Aturan ditabrak-tabrak,” tambahnya.

Tercantum sebagai Direktur Produksi adalah