Panduan Memanfaatkan Baking Soda untuk Perawatan Tubuh

1024

Baking soda memiliki beberapa nama alias yang sama-sama terkenal:  soda kue, Natrium bikarbonat, Sodium bikarbonat, Natrium/Sodium hidrogen karbonat, Natrium Acid Bicarbonate, Bicarbonate of Soda, dan SoBi (kependekan dari sodium bikarbonat). Zaman dulu sempat disebut sebagai saleratus di Eropa.’

baking-soda

Tahukah Anda ada begitubanyak manfaat soda kue ini, termasuk untuk perawatan tubuh Anda? Berikut beberapa di antaranya.

Lembutkan Air Mandi dan Kulit

Tambahkan ½ cangkir baking soda pada air mandi untuk melembutkan air dan membuat kulit Anda terasa lembut juga. Ini alternatif bagus jika Anda alergi terhadap busa sabun, sedang mengalami gatal-gatal pada kulit atau sedang menjalani terapi biodetoks.

Kendalikan Bau Ketiak

Taburkan baking soda di bawah ketiak sebagai alternatif alami deodoran.

Krim Pencukur Bulu, Kumis, dan Jenggot

Membuat krim untuk dioleskan pada daerah kumis dan dagu sebelum mencukur bulu-bulunya.  Satu sendok makan baking soda dicampur 1 cangkir air dapat meminimalisir luka akibat silet.

Lembutkan dan Buang Kotoran Telinga

Larutkan ½ sendok teh baking soda dalam 1 sdm air hangat. Gunakan alat tetes telinga, teteskan beberapa tetes ke dalam telinga satu atau dua kali sehari selama beberapa hari (baiknya lakukan hal ini sambil berbaring ke samping). Kotoran telinga akhirnya akan keluar juga dari telinga dimana akan lebih mudah mengambilnya dengan kain atau tisu.

Jerawat dan Komedo

Oleskan pasta baking soda pada bagian yang Anda inginkan. Biarkan semalaman sebelum dibilas bersih di pagi hari.

Obat Kumur

Kumur-kumur dengan larutan 1 sendok teh baking soda dalam ½ cangkir air. Ini menetralisir bau, tidak hanya menutupi bau.

Menyikat Gigi

Taburkan sedikit baking soda pada sikat gigi basah. Sikat gigi seperti biasa. Akan membersihkan gigi dan menetralisir kotoran bakteri. Untuk tambahan memutihkan gigi dan membunuh kuman, sikat dengan pasta 3 bagian baking soda dan 1 bagian hydrogen peroxide.

Bersihkan Gigi Palsu dan Peralatan Gigi Lainnya

Rendam gigi palsu, dan teman-temannya dalam larutan 2 sendok teh baking soda yang telah dilarutkan dalam semangkok kecil air hangat. Sikat kotoran bekas makanan, dan bilas. Selain itu Anda juga bisa menyikatnya dengan baking soda pada penyikat-gigi basah.

Bersihkan Sikat-gigi Anda

Berikan sikat gigi Anda perawatan kebersihan menyeluruh dengan merendamnya dalam larutan baking soda selama semalam.

Membersihkan Rambut dari Hairspray

Gosokkan 1 sdm baking soda pada rambut berbusa ketika keramas. Bilas seperti biasa.

Lembutkan Siku Kasar

Oleskan pasta baking soda untuk melembutkan kulit kasar pada siku.

Bersihkan Kuku

Berikan sedikit baking soda pada penyikat kecil dan bersihkan ujung-ujung kuku dengan lembut. Bilas dengan air. Ini cara hebat untuk membersihkan kuku dari kotoran kebun. Bagus juga untuk kuku jari kaki.

Perawatan Daerah Intim

Taburkan baking soda pada paha bagian dalam dan daerah intim untuk menyerap lembab dan bau.

Hilangkan Bau Pembalut Kewanitaan

Taburkan baking soda pada permukaan pembalut kewanitaan sebelum digunakan untuk perlindungan ekstra terhadap bau.

Manjakan Kaki Anda

Berikan kaki Anda yang sedang lelah perawatan dengan merendamnya dalam larutan 4 sendok teh baking soda dan 1 liter air hangat. Juga melembutkan kulit dan melegakan gatal-gatal pada kaki.

Bersihkan Peralatan Perawatan Pribadi

Rendam sisir, pengkriting rambut (non-elektronik), dsb selama semalam dalam larutan air panas dan ¼ cangkir baking soda.

*) Dinukil dari buku Berpetualang Dengan Baking Soda karya  Dina A Wulandari