Di Pasar Muamalah Konsumen Bebas Memilih Alat Tukar

855

Pasar Muamalah adalah semacam ‘pasar kaget’. Beroperasinya tidak setiap hari, tapi sepekan atau sebulan sekali. Tempatnya juga terbuka. Tidak ada sekat. Tidak ada kios. Semua orang bebas berjual beli di sini.

Pasar Muamalah ada di beberapa kota, yang rutin di Ketapang, Depok, dan Tanjung Pinang. Secara insidental kadang diselenggarakan di berbagai kota lain. Yang terakhir ada di Medan, Jumat 12 Mei 2017 kemarin.

Di Ketapang, Tanjungpura Darussalam Pasar Muamalah bahkan sudah ada di dua tempat. Di Tanjung Pinang di Sei Jang. Yang di Pulau Jawa rutin dilakukan di Tanah Baru, Depok. Biasanya buka di hari Ahad, pekan ke-3. Jadi, Ahad 21 Mei 2017 ini pun Pasar Muamalah Depok akan kembli buka.

Pasar 14 AGustus4

Di Pasar-pasar muamalah ini pedagang juga bebas keluar masuk pasar.  Pedagang tidak ditarik uang sewa. Pembeli juga bebas bertransaksi dengan alat tukar yang dipilihnya, khususnya Dinar emas dan Dirham perak.

Dinar adalah koin emas 22K, 4.25 gr. Sedangkan dirham adalah koin perak 2.975 gr. Koin-koin ini dipakai untuk membayar zakat, sedekah, kado, dll, selain untuk berjual beli. Salah satu keunggulan dinar dan dirham adalah tidak mengenal depresiasi. Daya belinya utuh, tetap, sepanjang masa.