Pengadilan Tolak Gugatan Alfamart terhadap Konsumennya

708

Akibat  rasa kesal  terus-menerus dimintai sumbangan dari uang kembalian oleh Alfamart, Mustolih Siradj, konsumen yang juga donatur meminta Alfamart memberikan transparansi pengelolaan donasi.  Merasa Alfamart tidak transparan Mustolih mengajukan sengketa ke Komisi Informasi, Alfamart diperintahkan KIP memberikan data kepada Mustolih.  Alfamart  malah menggugat Mustolih  ke Pengadilan Negeri Tangerang.

Persidangan gugatan tersebut sudah memasuki babak akhir, kemarin  Selasa, 18 April 2017, dibacakan putusan dari Majelis Hakim I Gede Suwarsana.

Dalam putusannya, hakim memutuskan untuk tidak menerima gugatan PT Alfamart Trijaya Tbk, alias NO. Pasalnya, dari materi pokoknya gugatan tersebut tidak memenuhi unsur.

“Memutuskan tidak menerima gugatan PT Alfamart Trijaya Tbk, terhadap Mustolih Siradj sebagai tergugat I dan Komisi Informasi Pusat sebagai tergugat II,” ujar Hakim.

Selain itu, Majelis Hakim pun, dalam putusan mengatakan, menerima eksepsi atau nota keberatan dari tergugat I, yakni Mustholih Siradj dan Tergugat II Komisi Informasi Pusat.

“Memutuskan menerima eksepsi dari tergugat I dan II,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Tangerang kembali menggelar sidang gugatan PT Sumber Alfaria Tbk (Alfamart), kepada Komisi Informasi Pusat (KIP), serta donatur dan konsumen Alfamart, Mustolih Siradj, Senin (13/3/2017) lalu.

Dalam sidang kemarin Alfamart menghadirkan satu saksi fakta dan dua saksi ahli. Dimana saksi faktanya merupakan, ketua sekaligus pendiri Yayasan Kasih Kanker yakni Maya Irawati Sulistiyo yang merupakan penerima donasi masyarakat yang dikumpulkan Alfamart.