Iklan Ini Menyesatkan Umat Islam

775

Ada iklan yang menyesatkan berseliweran di media sosial.  Iklan tentang  asuransi jiwa ini muncul di berbagai  media sosial, khususnya facebook. Bunyinya sih pendek saja: Mencari Asuransi Jiwa? Lalu disambung dengan suatu pernyataan yang juga cukup ringkas: Asuransi Jiwa Terjangkau dengan Manfaat Besar.

Sekilas iklan itu nampak baik-baik saja. Tapi sungguh menyesatkan ketika kita lihat yang dipakai sebagai “bintang iklan” adalah seorang ibu, berkerudung, memeluk anak gadis ciliknya,  yang juga dipakai kerudung.

iklan-asuransi-1a

Atau, dalam versi lain, menampilkan sbuah keluarga Muslim, dengan seorang ayah, ditampilkan bersama istri berkerudungnya dan, lagi-lagi, seorang putri kecil yang berkerudung.

Jelas, iklan itu menawarkan, dan menggambarkan, bahwa asuransi jiwa itu baik-baik saja, bagi kaum Muslim sekalipun. Ini sungguh menyesatkan dan mengelabui.

iklan-asuransi2

Sabab, asuransi jiwa – dan asuransi apa pun – adalah produk yang haram. Asuransi mengandung unsur judi, spekulasi, dan riba sekaligus.  Jadi keharamannya berpangkat tiga. Asuransi juga akan menggerus keimanan dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT. Menimbulkan syirik.

Karena itu iklan semacam itu harus ditarik dari peredaran. Umat Islam harus waspada atas berabagai rayuan yang menyesatkan. Asuransikanlah segalanya hanya kepada Allah SWT.