Inilah 10 Perusahaan Yang Kendalikan Konsumsi Makanan dan Minuman Anda

1007

Boleh jadi Anda tak menyadarinya. Tapi inilah faktanya:  hampir seluruh konsumsi makanan dan minuman kita, yang dibuat oleh industri hanyalah dikuasai oleh sepeluh perusahaan. Lihatlah infografis yang dikembangkan oleh Oxfam, sebuah LSM internasional yang berpengaruh,  ini.

Kesepuluh perusahaan ini adalah Nestlé, PepsiCo, Coca-Cola, Unilever, Danone, General Mills, Kellogg’s, Mars, Associated British Foods, dan Mondelez. Tidakkah sebagian besar sangat nama-nama ini sangat familiar dengan Anda dan keluarga?

Perusahaan-perusahaan ini mempekerjakaan begitu banyak orang. Dan memproduksi begitu banyak produk dengan beragai merek. Lihatlah dalam daftar tersebut. Bisakah Anda menghitung dan mengenali produk yang Anda konsumsi?

Jelas bahwa keadaan ini bermakna seluruh uang yang Anda belanjakan untuk produk tersebut akan berada di tangan konglomerat internasional ini. Karena itu, sudah saatnya kita mengonsumsi produk-produk lokal. Demi memperkuat ekonomi lokal.

Berbelanjalah ke warung terdekat dan bukan ke minimarket. Pilihlah produk lokal, termasuk yang diproduksi oleh Usaha Kecil dan Mengengah (UKM). Lakukan dengan motif melakukan pembelaan dan perlindungan kepada sesama warga. Sekaligus menguatkan perekonomian mereka.