Panduan Menangani Baterai, Waspadai Kelewat Panas dan Pecah

715

Batu baterai kita gunakan dalam berbagai keperluan rumah tangga, dengan berbagai ukuran berbeda. Mulai dari keperluan untuk lampu senter, mainan, sampai peralatan rumah tangga.  Kita boleh jadi acuh tak acuh dengan bekas baterai yang telah habis masa pakainya, dan membuangnya secara serampangan. Ketahuilah bahwa di dalam baterai bekas ada beberapa risiko, baik terhadap kesehatan manusia maupun lingkungan.

Demikian juga, saat menangani baterai baru, saat mengganti dalam peralatan, harus waspada risiko kelewat panas dan pecah atau bocor.

Baterai ini bisa bocor, mengalami lewat-panas, dan pecah. Ketika ini terjadi, cairan korosif dapat menyebabkan luka bakar secara kimiawi, terutama bagi anak-anak.

Itulah sebabnya  sangat penting menjaga anak-anak yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk memasang baterai di mainan mereka sendiri. Hal ini karena jika baterai diletakkan terbalik (yaitu, ujung  positif di tempat saluran negatif dan sebaliknya), dapat menjadi terlalu panas dan pecah. Telah ada sejumlah kasus hal ini  terjadi ketika anak-anak kecil mepasang baterai secara terbalik.

Oleh karena itu orang tua dan wali harus memperingatkan anak-anak agar berhati-hati saat mengambil atau memasang baterai untuk mainan mereka sendiri. Tugas ini serta pemasangan baterai dalam peralatan rumah tangga seharusnhya diserahkan kepada orang-orang dewasa saja.

Baterai rumah tangga juga dapat menjadi kelewat panas dan pecah jika Anda menggunakan batereai basa dan karbon-seng bersamaan dalam alat yang sama atau jika Anda mencampur baterai lama dengan yang baru dalam satu alat yang sama. Oleh karena itu, selalu menggunakan satu set lengkap baterai baru dari jenis yang sama ketika mengganti baterai. Jangan mencapurkan baterai baru dengan yang using.

Jika Anda mencoba untuk mengisi ulang baterai yang tidak dimaksudkan untuk diisi ulang (yaitu, tidak re-chargable), baterai dapat menjadi terlalu panas dan pecah. Jika Anda memiliki baterai isi ulang, pastikan untuk menggunakan pengisi daya baterai yang tepat ditujukan untuk ukuran dan jenis baterai yang Anda miliki.

Jangan gunakan pengisi baterai mobil untuk mengisi ulang baterai senter karena baterai bisa pecah.

Singkatnya, JANGAN:

  • baterai dipasang secara terbalik
  • mencampur baterai
  • mengisi ulang baterai yang salah atau menggunakan charger yang salah.

 

Demikian panduan menangai baterai sebagaimana dianjurkan oleh Consumer Association of Penang (CAP), Malaysia.