Panduan Mengenali Ciri-ciri Tahu Berformalin

6973

Ini sungguh praktek kriminal dan mengancam kesehatan banyak orang. Tahu yang diawetkan dengan formalin, bahan pengawet yang biasa dipakaiuntukmengawetkan jenazah! Karena itu hindarilah tahuberformali. Kenali ciri-cirinya.

Kombinasi protein tinggi dan air menang membuat tahu mudah busuk, karenanya diperlukan bahan pengawet. Formalin dipilih karena murah dan berkemampuan baik dalam menghambat perkembangan bakteri. Selain itu, zat ini mampu mempertahankan garam dan kegurihan rasa serta membuat tahu mengembang. Tapi, ini salah penerapan, karena formalin berbahaya bagi kesehatan. Tidak boleh dikonsumsi.

Formalin adalah senyawa kimia yang diperbolehkan hanya bagi penggunaan nonmakanan. Beberapa fungsinya adalah sebagai pembasmi serangga, bahan campuran parfum dan kosmetik, serta pengawet mayat.  Berbahaya kalau tertelan. Apalagi sering, sesering kita mengkonsumsi tahu!

tahu-formalin

Belum lagi, tahu acap diberi warna kuning. Kalau itu dari kunyit aman. Tapi, ada juga yang menambahkan bahan terlarang, namanya methanyl yellow. Ini biasa buat mewarnai kain dan kertas! Jadi berbahaya buat dimakan. Seperti formalin, bahan ini, ada sifat karsinogeniknya. Alias memicu sel kanker.

Ciri-ciri Tahu Berformalin :

  • Tahu yang mengandung formalim baunya menyengat, sedangkan yang tanpa formalin akan tercium bau protein khas kedele. Tahu ya aromanya tahu!
  • Tahu berformalin lebiah kenyal (liat) dibanding tahu sehat yang jika ditekan mudah hancur.
  • Tahu berformalin akan tahan lama, sedang yang sehat hanya tahan 1-2 hari di ruangan terbuka. Kalau disimpan di kulkas ya bisa sepekan lebih.

Ciri-ciri tahu mengandung methanyl yellow.

  • Warnanya terlihat kuning merata.
  • Penampakannya mengkilat
  • Sebaliknya tahu sehat warnanya kurang merata dan agak buram

Masalahtahu berformalin ini perlu terus kita cermati. Karena pelanggaran masih saja terjadi dari tahun ke tahun. Maklum pedagang suka mau untungnya sendiri, tanpa mempedulikan konsumennya.