Musholla di Taman Shiroi Koibito dan 10 Lainnya di Sapporo

823

Taman Shiroi Koibito adalah salah satu destinasi wisata di kota Sapporo di Pulau Hokkaido, Jepang. Kota ini ditata apik. Bersih. Dan sangat ramah terhadap waraga dan pengunjung. Fasilitas umum dilengkapi sarana untuk kaum difabel.  Dan ramah terhadap kaum minoritas, seperti kaum Muslimin. Musholla ada di berbagai tempat, salah satunya di Taman Shiroi Koibito ini.

Di Taman Shiroi Koibito sendiri pengunjung dapat sekadar datang, duduk, menikmati indahnya Taman Bunga Mawar, sambil menikmati berbagai jenis coklat, es krim, dan permen, yang pabriknya ada di situ. Dan salah satu arena pertunjukannya adalah proses produksi coklat – sayang untuk ikut tur tontonan ini pengunjung harus membayarnya, 600 yen buat orang dewasa dan 200 yen buat anak-anak. Cukup mahal!

Di kota Sapporo, dan Jepang pada umumnya,  pengunjung Muslim memang semakin banyak. Maka,  saat ini ada sekitar 10 musholla dan 1 masjid di Sapporo. Untuk mengetahui tempat-tempatnya bisa dilihat di peta dalam brosur yang diterbitkan oleh Hokkaido Muslim Inbound Promote Committee.

Selain di Shiroi Koibito,  satu musholla lain  adanya di Sapporo Factory, salah satu gedung Department Store, dekat Stasiun Subway Bus Center Mae. Adanya di Gedung Jo-Kan 3, Atrium, lantai 3. Mushollha ini  juga  redaktur Panduankonsumen.com datangi. Dan jangan kaget, meski mushollanya bersih, ukurannya hanya sekitar 3.5 m x 3.5 m persegi. Di bagian luarnya ditandai dengan label “Prayer Room” yang tak begitu menonjol. Ada gambar orang dalam posisi duduk tasyahud.

Musholla di Shiroi Koibito bahkan lebih kecil, hanya 2.5×2.5 m saja, tapi ada dua ruangan, satu untuk jamaah laki-laki dan satunya untuk perempuan. Tertata rapi, bersih, dan masing-masing dilengkapi dengan satu keran wudhu.

Sedangkan Masjid Sapporo yang lebih besar adanya di dekat kampus Universitas Hokkaido. Di masjid ini banyak mahasiswa Indonesia sebagai jamaahnya. Dan tak jauh dari masjid ini ada sebuah restoran Indonesia pula, namanya “Warung Jawa”.