Panduan Belanja untuk Lebaran

827

Lebaran masih beberapa pekan lagi. Tapi hasrat belanja keperluan lebaran boleh jadi sudah menggebu. Andalan utamanya, tentu saja, saat dibagikan THR (Tunjangan Hari Raya).  Menghadapi lebaran perlu kiat tersendiri. Jangan sampai THR tidak mencukupi, dan harus nombok.

Setidaknya ada lima tips yang bisa diikuti agar bisa belanja pintar untuk lebaran.

  1. Buat Daftar Prioritas

Dengan daftar ini maka belanja bisa lebih terkendali. Hanya barang-barang yang sangat diperlukan yang dibeli. Tanpa daftar bisa timbul “belanja kompulsif” yang tanda sadar Anda membeli banyak barang yang kurang diperlukan.

2. Siapkan Anggaran Sesuai Keperluan

Anggaran harus menjadi batasan membeli sesuatu atau tidak. Artinya pilihlah barang yang sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksakan diri membeli barang di luar jangkauan. Banyak barang murah tapi tetap berkualitas.

3. Disiplin Belanja Sesuai Prioritas

Kegunaan Daftar Belanjaan adalah untuk bisa mengontrol pengeluaran. Belilah hanya yang ada dalam daftar. Jangan tergoda hanya karena pandangan mata. Tetaplah berkepala dingin.

4. Gunakan Kesempatan Promo

Selama bulan puasa dan menjelang lebaran akan banyak pedagang menawarkan barang dengan harga promo. Manfaatkan promosi ini, hingga mendapatkan harga diskon. Teliti sebelum membeli. Bandingkan harga di sejumlah toko, untuk memastikan harga diskonnya benar, dan bukan setelah di mark up.

5. Berbelanja Jauh Hari Sebelum Lebaran

Belanjalah di kala masih jauh dari hari H lebaran. Ini memungkinkan belanja dengan rasional, tidak terburu-buru, dan “terpaksa”. Selain itu agar bisa lebih konsentrasi beribadah, dan mempersiapkan hari Raya dengan lebih baik.