Panduan Mengetahui Kondisi Dehidrasi dari Warna Urin

7076

Air seni atau urin bisa menjadi indikator kondisi tubuh kita, dalam keadaan cukup atau kekurangan, bahkan bisajug akelebihan, cairan. Ini dilihat dari warna urin saat kita membuangnya. Para dokter telah melakukan penelitian kaitan antara warna air seni dengan kondisi tubuh tersebut.

Urin memiliki warna yang beragam mulai dari warna putih bening sampai berwarna kuning, bahkan kecoklatan. Para ahli di Cleveland Clinic di Ohio menciptakan gambar diagram untuk mengilustrasikan warna air seni yang normal dan tidak.

Ada enam warna yang digambarkan dalam diagram, dengan keterangan di setiap warnanya. Jika urin tidak berwarna, kemungkinan Anda  terlalu banyak minum. Anda  mungkin harus mengurangi jumlah air yang dikonsumsi. Sementara urin yang berwarna sepucat jerami menandakan, jumlah air yang dikonsumsi sudah cukup dan mereka terhidrasi dengan baik. Status kesehatan yang baik ini berlaku juga bagi pemilik urin berwarna kuning transparan.

Berikut adalah arti warna urine Anda, cocokkan dan ketahui melalui diagram warna urin berikut ini:

  1. Tranparan

Jika urin Anda transparan dan bersih, kemungkinan Anda minum air putih terlalu banyak. Ada banyak risiko kesehatan yang bisa didapat karena minum air terlalu banyak, walaupun hal ini jarang terjadi. Secara umum saat Anda mendapati urin berwarna transparan artinya Anda meminum terlalu banyak air melebihi kebutuhan tubuh Anda.

2. Kuning pucat

Warna kuning pucat adalah warna yang normal untuk urin. Ini menunjukkan bahwa Anda sehat dan tidak dehidrasi. Tetapi jika warna urin menggelap artinya Anda kekurangan sedikit cairan.

3. Kuning Cerah

Warna kuning cerah menandakan Anda dalam tahap ketiga, belum ada tanda-tanda mulai ada dehidrasi, tapi dianjurkan menambah minuman air segar. ½ liter dalam waktu satu jam.

  1. Kuning Tua

Kuning tua  merupakan warna urin yang masih relatif normal. Ini berarti mulai mengalami kekurang cairan, tetapi hanya sedikit. Jika Anda melihat warna urin kuning tua, sebaiknya Anda segera minum air putih. Menandakan sudah mulai terajdi dehidrasi dan haru ssegera minum air, ½ liter.

  1. Kuning Kecoklatan

Kuning  kecoklatan  merupakan warna urin yang menunjukkan  mulai mengalami kekurangan cairan, tetapi hanya sedikit. Segeralah meminum air putih. Minumlah 1/2-1 liter air putih.

  1. Coklat Air Teh

Warna coklat menyerupai air the. Ini mengindikasikan Anda telah mengalami dehidrasi. Segeral minum air putih yang banyak, ½-1 liter.

Selain enam macam warna bening sampai kuning kecoklatan, bisa ada dua kemungkina warna lain:

  1. Pink kemerahan atau merah

Warna urin merah merupakan tanda bahaya yang harus segera dicari penyebabnya. Urin merah bisa disebabkan makanan yang Anda makan atau zat-zat lain yang Anda konsumsi. Setelah makan buah Naga berwarna merah ungu, misalnya, air seni akan berwarna keunguan,. Ini tak mengapa.

Jika warna merah ini berasal dari darah makan ini berarti bahaya. Jika Anda menemukan urin Anda berwarna pink atau terdapat semburat merah seperti darah berarti Anda harus segera menemui dokter.

  1. Hijau atau biru

Untuk kebanyakan orang, melihat urin berwarna hijau tentu akan sangat mengejutkan, dan memang urin berwarna hijau dan biru sangat jarang terjadi. Beberapa penyakit yang menyebabkan urin berwarna hijau atau biru misalnya porphiria. Terkadang urin berwarna hijau karena mengkonsumsi sayur-sayuran dan zat lain yang tidak dapat diserap oleh saluran pencernaan.