Panduan Menjaga Kesehatan Mata

512

Mata sehat, adalah mata yang indah. Ingin tahu rahasianya? Mudah saja.  Jaga  diet yang baik dan kaya vitamin A; hindari ketegangan, cahaya yang menyilaukan, partikel debu dan asa; cukup tidur; dan bekerja hanya dalam cahaya yang baik.

Tetapi memiliki mata yang elegan juga berarti rajin dan telaten mengurusi  ketegangan dan lingkaran hitam di bawah mata – dua masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang. Ada solusi alami dan latihan mudah untuk mengatasinya. Jadi jangan buang uang Anda dengan obat yang tidak jelas khasiat dan keperluannya.

Berikut adalah beberapa tips dan panduan  untuk dipertimbangkan:

Lingkaran hitam di bawah mata

Untuk  menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata, Anda dapat melakukan salah satu dari berikut:

Parut setengah dari buah mentimun, saring jusnya dan dinginkan. Celupkan dua buah kapas ke dalam jus mentimun dingin tersebut dan tempatkan di atas mata selama 10 menit.

Lakukan ini setidaknya dua kali sehari. Anda harus berbaring dan rileks, dan menjaga pikiran Anda bebas dari pikiran yang mengkhawatirkan ketika melakukan hal ini. Selain menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata Anda, jus mentimun juga akan  merelaksasi mata Anda. Untuk efek lebih cepat, bisa dikombinasikan dengan  dengan jus lemon.

Rendam kapas kasa dalam air teh hitam dingin, tedan gunakan ini sebagai bantalan mata.

Remas beberapa lembar daun mint dan terapkan di  sekitar mata. Bilas setelah beberapa menit.

 

 

Meringankan ketegangan mata

Olah raga mata dapat melmberikan  keajaiban untuk memperkuat otot-otot mata. Latihan berikut ini dapat mengurangi ketegangan mata:

  • Jaga  kepala Anda tegak  dan lirikkan mata dengan  cepat ke sudut ruangan selama sekitar 30 detik. Kemudian, tutup mata Anda selama 10 detik. Kedipkan mata Anda untuk meredakan ketegangan, dan ulangi gerakan tersebut. Tutup mata Anda lagi dan hitung sampai 10 sebelum kembali dibuka.
  • Tatap secara mantap  sebuah objek di dinding saat Anda pertama memutar  kepala ke  satu arah dan kemudian ke arah yang lain. Berikutnya, tutup macepat lainnya untuk meredakan ketegangan mata adalah cupping atau menutupnya dengan tangan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.  Yang harus Anda lakukan adalah tutupkan “cangkir”  tangan Anda di atas mata Anda selama beberapa menit. Ini akan membuat mata Anda lega menenangkan.