Panduan Merawat Sepeda agar Tetap Prima

765

Bersepeda adalah salah satu bentuk olah raga yang bukan saja menyehatkan tapi juga menyenangkan. Nilai rekreasinya sangat tinggi. Maka, kenyamanan dan keselamatan bersepeda penting diperhatikan.

Kondisi sepeda tergantung pada  perawatan yang dilakukan. Perawatan yang kurang baik, dapat membuat performa sepeda menjadi kurang baik, bahkan menyebabkan tidak nyaman saat dikendarai. Berikut adalah  tips  merawat sepeda secara umum, agar performa sepeda Anda tetap terjaga.

  1. Selalu jaga kebersihan sepeda.

Cuci sepeda secara rutin, terutama segera setelah pemakaian. Sebelum mencuci sepeda, lepaskan  semua aksesoris yang melekat di handle bar, seperti: lampu, bel, spidometer dan lain-lain. Apabila sepeda Anda menggunakan V brakes maka lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers-nya.

2. Bersihkan rantai

Gunakan lap basah yang sudah diberi sabun lalu putarkan pedal, dengan posisi kain lap menempel ke rantai hingga kotoran pada rantai rontok.

3. Bersihkan gir sepeda, pedal sepeda, dan bagian penggerak sepeda lainnya

Bersihkan dengan menggunakan sikat dan air sabun, sikat bagian tersembunyi secara merata sampai oli dan kotoran lainnya hilang dan rontok.

5. Bersihkan bagian bawah dan belakang frame

Pergunakan air sabun dengan kain lap yang lembut untuk membersihkan bagian bawah frame, jangan lupa untuk lap secara merata keseluruhan bagian rangka, stang depan, rangka  belakang dan rangka depan. Bersihkan juga bagian penarik rem sepeda dan bagian kabel pemindah gigi sepeda.

6. Membersihkan roda sepeda

Lepaskan kedua roda dari sepeda, kemudian bersihkan bagian roda depan dan roda belakang, khususnya pada bagian jari-jari dan cakram pada roda sepeda. Pergunakan kain lap lembut dan air sabun. Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran yang susah dibersihkan.

7. Cek roda sepeda

Saat Anda akan memasang kembali roda sepeda, pastikan klip pengencang roda sudah terpasang dengan baik dan benar. Untuk memasang roda belakang, lakukan dengan hati-hati saat memasukkan gir belakang diantara mata rantai, kemudian tekan ke bawah hingga dapat masuk pada roda belakang dengan baik.

Cek putaran roda depan dan belakang, jika masih goyang mungkin jari-jari roda sepeda perlu di stel ulang (service). Bila Anda tidak dapat meperbaikinya sendiri, bawa sepeda ke bengkel agar jari- jari roda di stel ulang.

8. Kontrol sistem pengereman sepeda

Cek rem dengan baik dan teliti, bila sudah aus atau tidak bisa mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek juga minyak rem dan setelan kabel.

9. Beri minyak pelumas

Jangan gunakan oli bekas saat akan melumasi rantai sepeda, sebab tidak baik untuk umur rantai sepeda dan juga bagian lainnya. Gunakan minyak pelumas khusus rantai. Beri minyak pelumas pada rantai sepeda, sistem penggerak roda, dan semua bagian pada sepeda yang bergerak.

10. Kontrol tekanan ban sepeda

Penting untuk Anda selalu mengecek tekanan ban sepeda sebelum di pakai, sebab bila tekanan ban rendah dapat mengakibatkan ban terlipat atau tertusuk benda tajam yang mengakibatkan ban sepeda bocor. Cek tekanan ban dibengkel khusus sepeda.

11. Gunakan pelapis body

Melapisi body sepeda Anda merupakan salah satu cara untuk merawat cat sepeda agar lebih mengkilat dan awet. Pada tahap ini tergantung situasi dan kondisi artinya jika tidak dilakukan pun tidak apa-apa.

12. Semir ban sepeda Anda

Apabila sepeda telah dicuci bersih, jika Anda ingin ban sepeda terlihat seperti baru lagi maka Anda bisa menggunakan semir ban sepeda motor untuk menyemir ban sepeda Anda.

13. Segera memperbaiki dan mengganti reflektor yang rusak dan lampu.

Keamanan pemakaian sepeda di malamk hari sangat penting, meski mungkin jarang digunakan di malam hari.  Lampu dan reflektor akan membuat sepeda terlihat pada sore hari dan pada malam hari saat gelap.

14. Cek Ahli

Sekali-sekali, sebaiknya enam bulanj sekali, periksakan sepeda Anda kepada seorang montir yang kompeten. In untuk pemeriksaan secara umum tapimenyeluruh.

Sumber: Diolah dari www.polygonbikes.com