Panduan Menghindari Makanan Yang Menurunkan Daya Imun

899

Daya tahan, atau imunitas tubuh, tentu harus kita jaga. Antara lain dengan cukup mendapatkan sinar matahari, terutama di pagi hari, cukup tidur dan olah raga secara  rutin. Faktoir lain yang sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh adalah diet dan menu makanan. Diam-diam boleh jadi kita mendapat asupan nyang merong-rong daya tahan tubuh tanpa terkendali.

Karena itu perlu kita memahami jenis makanan apa saja yang cenderung merong-rong daya tahan tubuh. Lima di antaranya adalah:

1. Daging Merah

Sebuah penelitian terbaru dari University of California menunjukkan bahwa  daging merah dapat memicu reaksi berbahaya yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.  Masalahnya berasal dari gula alami dalam daging merah yang  tidak dapat dicerna oleh  tubuh kita. Kandungan gula dalam daging merah ini dipercaya menyebabkan sejumlah masalah-kesehatan lainnya dengan  risiko lebih tinggi terkena kanker menjadi salah satunya.

2. Goreng-gorengan

Selain menjadikan diet penuh lemak yang bisa meningkatkan kolesterol “jahat” Anda, makanan yang digoreng juga bisa memicu iritasi dan pembengkakan di dalam tubuh, ini menyebabkan menurunkan kekebalan. Tapi satu studi menunjukkan bahwa hanya dengan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, atau  lebih baik lagi menyingkirkan mereka sama sekali, bisa “membantu memulihkan pertahanan alami tubuh tanpa memandang usia atau status kesehatan.”  Plus, harap diingat, makanan yang digoreng menumpuk kandungan akrilamida, zat berbahaya karena bersifat karsinogen.

3. Soda

Jika Anda sering minum minuman bersoda – apa itu pun bahan pemanis yang digunakan untuknya – Anda  msedang terus menghancurkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bahkan minuman soda yang dikategorikan sebagai “minuman diet” adalah pilihan yang buruk. Karena soda tidak memiliki nutrisi bermanfaat, peminum cenderung tidak akan mendapatkan cukup vitamin A, kalsium, dan magnesium- semua nutrisi yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang optimal.

Dan, jika  keburukan itu masih dirasa tidak cukup, ketahuilah  asam fosfat (ditemukan dalam soda) bisa juga menguras kalsium dan magnesium dalam tubuh.

 

 4. Snacks atau Kudapan Manis

Beberapa jenis  gula – dan gula yang mengalami pemurnian berlebih  adalah mutlak terburuk – benar-benar dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Satu studi menunjukkan bahwa gula sebenarnya menargetkan sel-sel yang justru mampu menyerang bakteri.  Dan efeknya bahkan bisa bertahan  berjam-jam setelah Anda makan sesuatu yang manis.

5. Makanan Olahan 

Salah satu makanan yang paling berbahaya untuk  kesehatan kekebalan tubuh, adalah makan yang kelwat diproses. Bagaimana bisa? Karena ada banyak perusahaan makanan  yang menggunakan istilah “alami” untuk menggambarkan produk mereka, meskipun makanan mereka mungkin memiliki jumlah besar  karbohidrat olahan, gula, dan perasa tersembunyi. mMakanan olberwujud  dalam sebuah paket, berisi lebih dari satu bahan, dan telah dimasak dan dimodifikasi secara mekanis. Makan makanan olahan dapat menyebabkan iritasi kronis dalam tubuh. Sebuah studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa racun dari pola makan modern benar-benar lebih besar daripada keuntungan gizi yang mungkin diperoleh. Semua ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah, tingkat yang lebih tinggi kemungkinan terserang  penyakit, dan  kesehatan yang memuruk.

Hindari, atau kruangi sebanyak mungkin, lima jenis makanan yang merugikan itu. Sebaliknya perbanyaklah mengonsumsi makanan segar: buah-buahan, sayuran. Khususnya yang banyak mengandung vitamin C. Olahraga teratur akan meningkatkan daya tahan tubu. Minyak oregano dianjurkan sebagai pembersih dan  penambahday atahan tubuh, mengonsumsi madu secarateratur jugaberdampak sangat positif.