Panduan Untuk Memulai Berhenti Merokok

838

Para perokok tidak perlu diberitahu bahwa kebiasaan mereka tidak sehat, menjijikkan, anti-sosial dan mungkin akan membuat mereka mati muda. Peringatan sudah bertebaran di mana-mana, termasuk bisa berhenti merokok, sebab sebagian besar perokok sebenarnya ingin berhenti merokok, jika mereka bisa.

JIKA Anda merokok, Anda dalam cengkeraman kecanduan ganda. Pertama, ada keinginan secara fisik untuk mendapatan nikotin – dan semakin Anda merokok keinginna itu menjadi makin mendesak. Hal ini karena nikotin berlalu sangat cepat melalui tubuh, sehingga Anda terus-menerus harus “top up” tingkat nikotin untuk tetap merasakan dampaknya.

Lalu ada kecanduan psikologis. Anda telah mengandalkan efek stimulan nikotin dan merasa Anda memerlukan rokok untuk bekerja, untuk bersantai atau untuk menenangkan saraf Anda. Jangan menunggu untuk berhenti merokok sampai Anda terserang kanker paru-paru, penyakit jantung, bronkitis atau salah satu dari banyak penyakit yang berhubungan dengan merokok lainnya. Dan Anda tidak dapat mengandalkan beralih ke merek dengan  tar rendah untuk mengurangi kemungkinan  Anda untuk mendapatkan penyakit ini. Kebanyakan perokok pada merek yang lebih rendah-tar terbukti  merokok lebih banyak untuk mengkompensasi penurunan tar, sehingga berakhir sama saja.

Jadi, untuk MENGHENTIKAN merokok, Anda harus menaklukkan kedua bentuk kecanduan. Jika Anda berhasil mengatasi hanya keinginan fisik saja, kemungkinan Anda akan meraih rokok lagi dalam situasi krisis dan membatalkan semua kerja keras Anda sebelumnya.

Jadi, Anda harus mulai dengan bertanya pada diri sendiri mengapa Anda membutuhkan penopang seperti nikotin. Hal ini akan  membantu untuk mengamati kebiasaan Anda dengan hati-hati, bahkan menuliskan setiap kesempatan selama hari itu Anda memegang rokok dan mengidentifikasi alasan mengapa Anda ingin menambah rokok sebatang lagi.Anda memutus pola otomatis meraih sebatang rokok. Tetapi orang-orang yang hanya mengurangi meropkok saja, hampir selalu kembali ke kebiasaan lama mereka.

Satu-satunya cara yang berhasil untuk berhenti merokok  adalah memilih waktu ketika Anda merasa relatif bebas dari stres, membuang pola  Anda saat ini, menggertakkan gigi dan mempersiapkan diri untuk gejala memutuskan diri dari konsumsi nikotin.

Pengganti dan dukungan

Kebanyakan  orang menggunakan makanan sebagai pengganti ketika mereka mencoba untuk berhenti merokok dan berakhir dengan mereka nambah berat badan sebagai hasilnya. Anda juga cenderung makan lebih banyak setelah berhenti merokok karena langit-langit Anda, terbiasa dikebalkan oleh asap dan tar, menjadi lebih bersih dan lebih sensitif terhadap rasa.

Jika Anda ingin berhenti merokok tanpa kenaikan berat badan, makanlah buah dan jangan  permen dan pastikan Anda memiliki cemilan sehat sehingga Anda kurang tergoda untuk mengunyah setiap saat.

Anda juga dapat mengambil hobi seperti merajut atau pertukangan yang memenuhi dorongan untuk menyibukkan tangan Anda. Dan publikasikan prestasi Anda dengan mewarnai setiap hari baru Anda tanpa merokok pada kalender dinding.

Akan membantujuga bila Anda untuk meminta dukungan dari teman-teman dan kerabat. Jangan biarkan mereka menawarkan rokok; Anda bahkan dapat meminta mereka untuk tidak merokok di rumah Anda. Hindari tempat di mana Anda akan tergoda, terutama kafe dan klub di mana minuman dan suasana akan merusak resolusi baik yang telah Anda canangkan. Pilihlah tempat-tempat untuk non-merokok di angkutan umum.

Jika Anda merasa sulit untuk melakukannya sendiri, pusat-pusat terapi kelompok dapat membantu Anda bersama-sama dengan pecandu lain, untuk berbagi masalah kecanduan dan saling mendukung bagi mereka agar bisa berhenti. Bisa juga meminta aran medis dan psikologis dari para ahli.

Bagi perokokyang telah berniyat, tak ada proyek yang lebih berharga daripada berhenti merokok. Rasakan halite sebagai kebaikan. Nikmati udara bersih dari zona “No Smoking” di tempat umum. Nikmati bisa berada dekat  dengan semua orang tanpa khawatir soal  bau tembakau basi pada napas dan badan Anda.

Nikmati keyakinan bahwa Anda akan hidup lebih lama, dan nikmati perasaan bahwa Anda tidak memaksa orang lain untuk mentolerir kebiasaan anti-sosial Anda. Dan manjakan diri dengan sejumlah  uang yang tidak lagi Anda bakar. Belikan jajanan yang Anda suka.

Atau sedekahkan kepada pihak yang lebih membutuhkan! Ini akan semakin membuat Anda merasa positif dan bergairah.