Pembangunan LRT dan Underpass, Pola Ganjil Genap Sementara Ditiadakan

547

Saat ini Pemerintah Daerah DKI sedang gencanr membangun berbagai sarana dan prasaran transportasi baru. Paling tidak ada tiga hal dibangun secara serentak: LRT, MRT, dan sejumlah terowongan (underpass) dan jalan layang (fly over). Akibat dari berbagai pembangunan ini sejumlah ruas jalan di Jakarta macet dan tersendat.

Pembangunan itu mau tak mau mengambil sejumlah jalur, terpaksa ditutup, atau karena memang menjadi bagian utama sarana dan prasarana baru itu sendiri.

Untuk itu, mulai Senin 9 April lalu Pemda DKI menghapuskan kebijakan ketentuan Genap-Ganjil, terutama di jalur Jalan Gatot Subroto. Dulunya ini dikenal sebagai jalur “Three in One”. Belakangan kebijakan 3 in 1 menjadi tidak afektif karena banyaknyapraktek perjokian. Digantilah dengan kebijakan Ganjil-Genap.

Apakah penghapusan kebijakan Ganjil Genap ini efektif? Masih harus dilihat hasilnya. Salah-salah yang tumbul justru bertambah parahnya kemacetan.

Pilihan terbaik memang warga pengguna jalan sebaiknya menghindari jalur-jalur yang tengah mengalami pembangunan. Carilah jalan alternatif.