Sapporo, Kota (Sangat) Ramah Bagi Kaum Tuna Netra

1175

Sapporo sebuah kota yang indah di Jepang Utara, ibu kota Propinsi Hokkaido.  Tata kotanya sangat apik, jalan-jalan dilengkapi dengan trotoar lebar yang nyaman, dengan petunjuk arah dan panduan yang relatif mudah diikuti bahkan bagi wisatawan asing yang “buta huruf” Kanji.

Kemana pun Anda pergi menuju dengan mudah dapat dicapai dengan bus ataupun subway, kereta bawah tanah, dengan jaringan yang luas. Sapporo juga sangat bersih. Hampir tidak akan ditemukan sejumput sampah berserakan.

Dan kota ini sangat ramah terhadap kaum tuna netra. Bisa dipastikan jumlahnya tidaklah banyak.  Tapi fasilitas umumnya sangat ramah bagi kaum difable, pemakain kursi roda, mudah mencapai segala tempat, setiap tangga bagi pejalan kaki,  di sekitanya dilengkapi dengan jalur khusus buat kursi roda. Juga “jalur khusus” bagi tuna netra!

Sepanjang trotoar dan jalan-jalan menuju fasilitas umum, seperti stasiun, taman kota, bahkan di dalam mal, dilengkapi dengan tapak khusus bagi tuna netra. Di bagian tengah dipasang keramik khusus dengan pola bergaris-garis dengan corak timbul yang cukup menonjol. Setiap tikungan, atau pemberhentian, semisal di pintu toilet umum, atau persimpangan, corak keramik berganti dengan lingakaran-lingkaran, juga sengat menonjol. Jalur khusus ini bahkan sampai ke depan ujung peron tempat para penumpang KA mengantri sebelum masuk gerbong!

Sungguh luar biasa kebijakan tata kota Sapporo ini. Sangat patut diteladani etika dan keberpihakannya.