Panduan Memilih dan Membeli Ikan Segar

1433

Membeli ikan segar merupakan tugas yang sulit bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam memilih ikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli ikan segar.

  • Konsumsilah ikan langsung pada hari Anda membelinya, jika memungkinkan. Ini karena ikan, seperti makanan yang mudah membusuk lainnya akan kehilangan kesegaran  dengan sangat cepat.
  • Pilihlah warung yang memiliki  kondisi yang bersih dan baik. Ini akan menjadi indikator bagus dari kesegaran, dan menarik pelanggan ke warung tersebut.
  • Tampilan ikan harus bersih, dengan jumlah es yang cukup banyak di atasnya.
  • Beli berbagai jenis ikan. Jangan hanya mengkonsumsi beberapa jenis tertentu saja. Berusahalah untuk mencoba jenis yang banyak, murah dan segar.
  • Jangan terkecoh dengan lampu yang terang benderang di dekat atau di sekitar warung. Lampu terang benderang bisa membuat ikan terlihat lebih segar dengan menyamarkan perubahan warna coklat atau kekuningan yang terjadi.
  • Tanyakan kepada penjual apakah Anda bisa memotong sebagian dari keseluruhan ikan yang terlihat lebih segar daripada potongan yang sedang  dipajang.
  • Bawa pulang ikan dengan cepat dan masukkan ke kulkas. Anda juga bisa menggunakan kotak penyimpanan yang dikemas dengan es selama perjalanan.

Cara Menilai Kesegaran Ikan

Mata
Harus menggembung keluar dari kelopaknya, dan jangan pilih yang telah buram, berwarna merah dan cekung.

Insang
Harus berwarna merah terang dan tidak berlendir atau gelap.

Timbangan
Harus melekat kuat  pada kulit. Belum mengendur atau mengelupas.

Usus
Harus melekat kuat pada tulang dan tidak berubah warna.

Tubuh
Harus memiliki tekstur yang padat dan elastis saat ditusuk.

Kulit
Harus terang dan mengkilap dengan kilau bercahaya,  dan tidak kusam dan kering.

Bau
Harus memiliki aroma seperti laut  dan bukan bau amis yang kuat.